SubhanAllah, Inilah Gambar Masjid Terindah dan Terbesar di Dunia

Sejak pertama kali dibangun, masjid bukan hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja, melainkan juga digunakan sebagai pusat kegiatan umat muslim seperti diskusi agama, pengajian, tempat beristirahat, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, masjid-masjid mulai dihiasi secantik mungkin sebagai wujud rasa cinta kepada Allah.

Masjid merupakan tempat yang spesial untuk para umat muslim. Selain menjadi tempat untuk beribadah, masjid juga kerap digunakan untuk perkumpulan penting seperti pengajian, santunan anak yatim, pembagian zakat, dan lain-lain.

Berbicara tentang masjid, terdapat beberapa masjid terbesar dan terindah di dunia dengan segala kemegahannya yang mampu memikat perhatian banyak orang. Berikut adalah daftar gambar masjid tersebut.

Gambar Masjid Terindah dan Terbesar di Dunia

1. Masjidil Haram

Masjid Al-Haram atau lebih dikenal dengan nama Masjidil Haram menempati urutan pertama masjid terbesar yang ada di dunia. Masjid ini memiliki luas hingga 4.008.020 meter persegi atau sekitar 990 hektar yang terdiri dari ruang outdoor dan indoor. Dengan ukuran ini, Masjid yang berada di Mekkah, Arab Saudi, ini bisa menampung hingga empat juta orang saat musim haji tiba.

Selain karena ukurannya yang begitu luas, Masjidil Haram juga sangat spesial karena di dalamnya terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat salat dari seluruh umat Islam di dunia. Setiap hari, masjid ini tidak pernah sepi dan selalu saja ada jamaah yang beribadah di dalamnya. Satu lagi keunikan dari masjid ini adalah tidak ada pemisah antara jamaah pria dan wanita.

2. Masjid Al-Aqsa (Yerusalem)

Masjid Kubah Emas terdapat di kota Yerusalem. Masjid ini mempunyai ubin mozaik dan kubah emas yang sangat indah. Bahkan, Masjid Kubah Emas dianggap sebagai masjid yang paling suci setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tidak heran jika Masjid Kubah Emas dijadikan sebagai simbol wilayah suci Al Quds, bahkan Palestina secara umum.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid terindah berikutnya adalah Masjid Agung Sheikh Zayed yang berlokasi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Butuh 10 tahun lamanya untuk menyelesaikan masjid ini. Didominasi warna putih dengan ornamen emas yang indah, masjid ini akan memukau semua orang yang melihatnya. Tak hanya itu, terdapat juga pilar dengan motif bunga di dalamnya. Dengan luas 22.412 meter persegi, masjid ini bisa menampung hingga 40 ribu jamaah.

4. Masjid Nabawi

Seperti disinggung di poin pertama, Masjid Nabawi juga merupakan salah satu masjid paling suci. Pada awalnya, masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW hanya berukuran 50 x 50 meter saja. Seiring berkembangnya zaman, masjid ini terus diperluas hingga menjadi masjid yang sangat indah saat ini. Ciri khas dari Masjid Nabawi adalah adanya 250 payung raksasa yang dipasang pada pilar di halaman masjid tersebut.

5. Masjid Putrajaya

Malaysia juga turut menyumbang masjid terindah di dunia. Adalah Masjid Putra yang berlokasi di Putrajaya, Malaysia. Dibangun pada tahun 1997, masjid ini terlihat sangat indah karena terlihat seperti mengapung di atas danau. Hal ini karena letaknya yang berhadapan dengan Danau Putrajaya. Dominasi warna merah muda dengan arsitektur modern dan didukung dengan pemandangan alam yang indah, siapapun pasti akan terkesan dengan keindahan ini.

6. Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah

Masih dari negara yang sama, kali ini adalah Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah. Masjid ini adalah salah satu lambang yang menyerukan keagungan agama Islam di Malaysia. Bahkan, masjid ini adalah masjid terbesar di Malaysia. Berdiri di atas tanah seluar 14,6 hektar, masjid ini bisa menampung hingga 24 ribu jamaah. Adanya 3 tingkat pada masjid ini membuatnya kerap digunakan untuk keperluan lain seperti penyambutan tamu, galeri, dan lain-lain.

7. Masjid Biru Mazar-i-Sharif

Masjid Biru dibangun di masa Sultan Ahmad Sanjar, seorang penguasa Dinasti Seljuk. Berlokasi di Mazar-i Sharif di Afghanistan, masjid ini sudah beberapa kali mengalami kerusakan dan perbaikan hingga saat ini menjadi salah satu masjid yang paling indah di dunia. Sultan Husayin Mirza Bayqarah adalah salah satu pahlawan yang merenovasi dengan arsitektur menawan dengan dominan warna biru yang indah.

8. Masjid Nur Astana

Daftar kedelapan masjid paling indah di dunia ditempati oleh Masjid Nur Astana yang berada di Kazakhstan. Dikenal sebagai masjid terbesar di negara tersebut, masjid ini mempunyai luas 4.000 meter persegi dan bisa menampung hingga 5.000 orang jamaah. Masjid ini dibangun dengan batu beton dan granit, sedangkan kubahnya dilapisi emas. Tak heran jika masjid ini mempunyai tampilan yang sangat indah.

9. Masjid Faisal

Masjid Faisal berada di Islamabad, Pakistan. Karena besarnya ukuran masjid ini, Masjid Faisal ditetapkan sebagai masjid terbesar di kawasan Asia Selatan. Dibangun pada tahun 1986, masjid ini kemudian dinamai dengan nama almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi. Beliau adalah orang yang mendukung pembangunan masjid ini dan juga mendanainya

10. Masjid Imam Reza

Masjid terbesar berikutnya berada di Iran, yakni Masjid Imam Reza. Alasan kenapa masjid ini dinamakan Masjid Imam Reza adalah karena di tempat itu terdapat kompleks yang berisi makan dari Imam Reza, yakni Imam Syiah Imamiyah kedelapan. Luas area dari masjid ini adalah 598.657 meter persegi dengan rincian area masjid 267.079 meter persegi dan dikelilingi tujuh halaman dengan luas 331.578 meter persegi.

Tidak hanya dijadikan tempat beribadah, di dalam masjid ini terdapat beberapa fasilitas lain seperti makam, museum, perpustakaan, ruang makan untuk peziarah, ruang doa, Universitas Ilmu Islam Razavi, dan lain-lain. Tidak heran jika masjid ini sering dijadikan pusat wisata di Iran

11. Masjid Hassan II

Tak hanya di Timur Tengah dan Asia, Afrika juga turut menyumbang masjid terbesar di dunia, yakni Masjid Hassan II. Masjid yang berlokasi di Casablanca ini merupakan masjid terbesar di Maroko. Dibangun pada tahun 1993 oleh Bouygues dengan perancang Michel Pinseau, Masjid Hassan II mempunyai menara tertinggi di dunia, yakni 210 meter.

12. Masjid Biru atau Sultan Ahmed

Sesuai namanya, masjid ini merupakan bangunan dengan  tampilan warna biru yang memukau. Disebut juga dengan Masjid Sultan Ahmed dan dibangun pada tahun 1609 hingga 1616. Masjid ini memiliki banyak kubah yang membuat penampilannya makin indah dan berkesan bagi pengunjungnya. 

13. Masjid Nasir Al-Mulk

Masjid unik dan menarik lainnya adalah Masjid Nasir al Mulk. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Pink yang dibangun dengan konsep bangunan abad ke 19. Masjid ini disebut dengan masjid pink karena interior dan juga jendelanya di cat dengan warna bunga mawar. Masjid ini akan sangat menarik dan indah jika Anda menghabiskan waktu subuh dan menunggu matahari terbit karena cahaya warna warni yang akan masuk ke dalam masjid ini

14. Masjid Kristal di Malaysia

masjid-crystal

Masjid ini lokasinya sangat dekat dengan Indonesia. dibangun di tahun 2008, masjid ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan eksterior yang dimilikinya. sesuai dengan namanya, masjid kristal memiliki bagian eksterior yang terbuat dari kaca, metal dan juga kristal. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang sangat modern karena sudah dilengkapi dengan WIFI dan juga panel surya. 

15. Masjid Saint Petersburg di Rusia

Masjid ini merupakan masjid yang paling besar yang bisa Anda temukan di benua Eropa di daerah Rusia. Masjid ini merupakan masjid yang dibangun pada tahun 1909 hingga 1920. Salah satu bagian menarik dari Masjid Saint Petersburg di Rusia ini adalah  bagian dari menara dari masjid yang di lapisi dengan keramik mosaik 

16. Masjid Jama di India 

Masjid Jama berlokasi di Old Delhi. Masjid ini dibangun pada pertengahan abad ke 16 dan masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini. bagian luar dari masjid di lapisi dengan batuan marmer sehingga membuatnya terkesan makin mewah. Di bagian  luar dari masjid ini terdapat sebuah kolam yang digunakan untuk mencuci tangan dan wajah bagi para pengunjung. 

17. Masjid National di Malaysia 

Salah satu masjid terbesar dan terindah lainnya datang dari Malaysia. Masjid ini berlokasi di Kuala Lumpur dan memiliki menara setinggi 73 meter. Hal menarik dari Masjid National ini bisa dilihat dari desain kubah utama yang dimilikinya yang mirip dengan payung. Untuk Anda yang penasaran dengan bentuk dari Masjid National ini, Anda bisa cek diGambar masjid National ini 

18. Masjid Sheikh Lotfollah di Iran

Masjid Sheikh Lotfollah merupakan salah satu masterpiece dari negara Iran. Masjid ini merupakan masjid yang dibangun dibangun lebih dari 15 tahun yaitu sekitar tahun 1602 hingga 1619. Selain digunakan untuk beribadah, Masjid Sheikh Lotfollah di Iran ini juga  digunakan sebagai rumah bangsawan, tempat mandi para bangsawan, dan bahkan sebagai rumah sakit. 

Dari beberapa daftar gambar masjid di atas, bisa disimpulkan bahwa masjid adalah bangunan yang sangat spesial. Bukan hanya besar, namun masjid-masjid tersebut juga dipenuhi dengan hiasan-hiasan yang indah. Hal ini sebagai perwujudan rasa cinta kepada Allah SWT karena masjid memiliki sebutan rumah Allah.

Meski memiliki tampilan yang indah, bukan berarti orang-orang di sekitar masjid tersebut akan mengabaikan fungsi utama sebagai tempat beribadah. Justru dengan keindahan inilah umat non-muslim akan merasakan bagaimana keindahan agama Islam yang sesungguhnya.