Wajib Baca! 18 Adab Membaca Al-Qur’an yang harus Anda Tahu

adab membaca alquran

     

Untuk bisa membaca Al-Qur’an maka akan lebih baik jika Anda mengetahui adab membaca alquran terlebih dahulu. lalu bagaimana adab membaca Al-Qur’an yang tepat? Berikut ini adalah ulasannya. 

1. Memiliki niat bertaqwa

Sebagai seorang muslim, tujuan utama dari semua ibadah adalah untuk bertaqwa pada Allah, hanya mengandalkan Allah dan belajar aturan dan ketentuannya. Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu  kegiatan yang sangat disukai oleh Allah, oleh karena itu, adab pertama ketika akan membaca Al-Qur’an adakah untuk bertaqwa. 

Jika Anda memiliki niat lain seperti niat untuk mendapatkan sesuatu maka luruskan dahulu niat yang Anda miliki agar kegiatan membaca Al-Qur’an Anda menjadi lebih bermanfaat. Hal ini juga di sebutkan dalam salah satu surat Al-Qur’an yaitu Aluminium Baqarah ayat 282 yang berisi bahwa taqwa pada Allah karena Allah yang mengajar dan juga mengetahui segala sesuatu. 

2. Berwudhu

Hal lain yang tidak boleh di tinggalkan saat Anda membaca Al-Qur’an adalah dengan menyucikan diri terlebih dahulu. menyucikan diri ini dilakukan dengan berwudhu untuk menyucikan diri dari hadist kecil. Selain memiliki tubuh yang bersih, kebersihan sebelum membaca Al-Qur’an juga dianjurkan dari sisi tempat, dan juga pakaian yang Anda kenakan. 

3. Bersiwak

Bukan hanya tubuh yang Anda miliki, tapi sebelum Anda membaca Al-Qur’an akan lebih baik jika dilakukan dengan bersiwak terlebih dahulu. bersiwak sebelum membaca Al-Qur’an merupakan salah satu hal yang disunahkan. Tujuannya adalah untuk membersihkan mulut kita dari aroma dan dari kotoran lainnya. 

4. Membaca Taawudz

Selanjutnya adab membaca Al-Qur’an lainnya adalah dengan membaca Taawudz sebelum membaca Al-Qur’an. Tujuan dari membaca Taawudz ini adalah untuk memohon perlindungan pada Allah dari gangguan syaitan saat membaca Al-Qur’an. 

Pembacaan Taawudz ini kemudian di lanjutkan dengan pembacaan Basmala  untuk setiap surat Al-Qur’an kecuali surat At Taubah. Hal ini juga disebutkan dalam Surat An Nahl ayat 98 dimana disebutkan bahwa sebelum membaca Al-Qur’an Anda harus meminta perlindungan terlebih dahulu kepada Allah untuk menghindari godaan dari syaitan. 

5. Posisi yang baik

 Ketika membaca Al-Qur’an ini harus dilakukan dengan posisi yang baik dan benar. Posisi ini tidak harus duduk, tapi juga bisa dilakukan dengan berdiri, berjalan, berbaring atau berkendara. Hal ini disebabkan karena membaca Al-Qur’an dimanapun dalam posisi apapun baik dan mengingat Allah dalam tiap keadaan adalah baik. 

6. Membaca Al-Qur’an di tempat yang tenang

Hal lain yang penting untuk diperhatikan ketika Anda akan membaca Al-Qur’an adalah dengan membaca Al-Qur’an di tempat yang tenang. Hal ini penting untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan kejernihan hati. 

7. Tartil 

Tartil adalah peralahan. Artinya ketika Anda kana membaca Al-Qur’an akan lebih baik jika Anda membaca Al-Qur’an dengan perlahan-lahan. Hal ini juga merupakan sebuah sunah. Bahkan jika Anda membaca Al-Qur’an terlalu cepat hal ini malah bisa menyebabkan makruh. Masalah pembacaan cepat atau lambat ini disebut kan juga dalam surat Aluminium Muzzamil ayat 4.

8. Perhatikan pembacaan mad 

Dengan membaca secara tartil maka pembacaan bisa dibaca dengan baik. ya, bagian mad memang merupakan bagian yang harus diperhatikan dengan baik. mad merupakan salah satu cara pembacaan berupa panjang atau pendeknya akhir dari sebuah kalimat. 

9. Membaguskan suara

Salah satu hal yang disunahkan dan merupakan salah satu Adab membaca alquran yang baik adalah dengan memberikan nada yang baik saat membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan baik ini juga masuk dalam salah satu perintah Nabi Muhammad SAW. dilarang juga untuk membaca Al-Qur’an untuk menggunakan dialek yang mendayu. 

10. Bersujud pada ayat sajdah 

Ketika Anda membaca Al-Qur’an dan melewati sebuah bacaan ayat sajdah ini akan disunahkan untuk melakukan sujud. Bahkan saat bersalat, ketika imam melewati ayat sajdah ini maka imam dan makmum akan disunahkan untuk bersujud. 

11. Tidak memotong bacaan

Adab lain yang tidak boleh ditinggalkan saat membaca Al-Qur’an adalah tidak dengan memotongnya dengan acak. Tidak memotong ayat secara acak  dibahas dalam HR. Bukhari. Disebutkan bahwa  Ibnu Umar tidak akan bicara hingga beliau selesai membaca Al-Qur’an.

12. Memulai di ayat dari tempat ayat terakhir yang dibaca

seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika membaca Al-Qur’an maka akan lebih baik jika membacanya diselesaikan dan tidak diputus. Akan tetapi jika memang terpaksa putus maka pastikan untuk mulai membaca Al-Qur’an ini sesuai dengan tempat Anda mengakhirinya. Tujuan dari hal ini adalah agar tidak ada ayat yang terlewati. 

13. Merenung

Ketika Anda membaca Al-Qur’an maka jangan lupa untuk merenung. Renungkan apa yang Anda baca dari Al-Qur’an tersebut. hal ini akan membantu Anda untuk lebih menghayati ayat Al-Qur’an sehingga apa yang Anda baca lebih bermanfaat dalam kehidupan Anda. hal ini juga di dukung dengan ayat Al-Qur’an yaitu An Nisa ayat 82. 

14. Berinteraksi dengan ayat Al-Qur’an yang dibaca

Interaksi di sini adalah dengan melakukan tindakan sesuai dengan apa yang dibaca. Contohnya ketik Anda membaca ayat mengenai surga maka Anda memohon pada Allah untuk memberikan keridhoannya agar Anda bisa masuk surga sedangkan jika Anda membaca ayat mengenai neraka, baiknya Anda memohon perlindungan Allah dari siksa api neraka. Hal ini disebutkan dalam surat Shad ayat 29.

15. Menangis saat membaca Al-Qur’an

 Interaksi dalam membaca Al-Qur’an bukan hanya memohon tapi Anda juga bisa menangis saat membaca Al-Qur’an. Menangis pada saat membaca dan menyimak Al-Qur’an merupakan salah satu hal yang mendatangkan sunnah tsabit. Menangis saat membaca Al-Qur’an juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda benar-benar menghayati ayat Al-Qur’an  yang sedang Anda baca. 

16. Membaca dengan keras

Hal lain yang masuk dalam adab membaca Al-Qur’an adalah dengan membaca ayat Al-Qur’an dengan keras. membaca ayat Al-Qur’an dengan keras merupakan salah satu hal yang sunah. Akan tetapi hal ini perlu diperhatikan lagi apakah suara keras Anda mengganggu jamaah lain atau menimbulkan hal negatif lainnya. contohnya, ketika ada jamaah lain yang sedang menjalankan shalat maka suara keras Anda bisa mengganggu ibadah wajibnya. 

17. Tahu kapan harus berhenti

Membaca Al-Qur’an secara terus menerus, kapan pun dan dimanapun adalah hal yang baik. kan tetapi jika Anda sudah berada pada kondisi yang tidak fit seperti sudah mengantuk maka menghentikan pembacaan Al-Qur’an sangat penting untuk dilakukan. hal ini digunakan untuk menjaga dan menghindari kesalahan saat pembacaan ayat suci Allah ini. 

18. Letakkan Al-Qur’an di tempat yang baik

Ketika Anda ingin membawa Al-Qur’an ke mana pun Anda pergi, salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah membawa Al-Qur’an di tempat yang baik. membawa Al-Qur’an di tas sangat boleh dilakukan. jika tidak membawanya di tas, Anda juga bisa membawanya di kantong baju Anda. hindari membawa Al-Qur’an di kantong celana di tempat yang sejajar dengan kemaluan. Demikianlah Adab membaca alquran terakhir yang bisa kami informasikan.