Rekomendasi Universitas Islam di Jabodetabek Terbaik

Daftar Universitas Islam di Jabodetabek

Simak daftar universitas islam di Jabodetabek berikut ini  yang dapat anda jadikan referensi. Jika anda tidak lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri, masuk ke universitas swasta bisa menjadi pilihan. Selain itu, universitas berbasis islam bisa menjadi pilihan untuk anda.

Rekomendasi Universitas Islam di Jabodetabek  Terbaik 

Sebagai salah satu negeri dengan jumlah musim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki banyak kampus berbasis islam yang berkualitas. Berikut adalah daftar universitas islam di Jabodetabek yang bisa menjadi pilihan bagi anda untuk melanjutkan kuliah. 

Universitas Al- Azhar Indonesia, Jakarta.

Universitas ini merupakan universitas islam swasta yang memiliki 6 fakultas dan 16 program studi dimana 14 diantaranya sudah terakreditasi. Universitas ini membekali mahasiswanya dengan elemen dasar berupa Teknologi Informasi dan Komunikasi, jaringan Mitra Strategis, Pengetahuan Keislaman, Keahlian manajemen, Kepemimpinan, keahlian Kewirausahaan. Dan Program Bahasa. 

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh, Tangerang Selatan. Ini merupakan universitas islam negeri yang patut anda pertimbangkan sebagai pilihan utama. Sebagai kampus negeri, biaya pasti akan lebih terjangkau dan memiliki kualitas yang bagus. 

Universitas  Islam Jakarta. Universitas ini berdiri pada tahun 1950. Universitas ini memiliki ranking 210 dari kampus di Indonesia.

Universitas Islam Internasional Indonesia.  Kampus yang masih tergolong baru ini merupakan kampus berbasis islam yang ditargetkan sebagai salah satu universitas islam berstandar internasional. 

Universitas Islam 45 Bekasi.  Universitas ini terdaftar di peringkat 380 tingkat nasional. 

Universitas Muhammadiyah Jakarta. Universitas ini terletak di tangerang Selatan. Universitas ini merupakan jaringan dari Universitas Muhammadiyah yang berada di beberapa lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan jaringan dari Kampus NU di Indonesia. Kampus ini memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Islam Nusantara, Fakultas Sosial dan Humaniora, dan Fakultas Teknik. 

Perguruan Tinggi Ilmu ALquran (PTIQ). Universitas ini bertujuan  untuk menghasilkan alumni yang cakap dalam berkarya, kedalaman dalam iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar, kemandirian jiwa dan keluasan wawasan. 

Universitas  Prof Dr. Hamka (UHAMKA). Universitas ini terletak di 4 lokasi di Jakarta. Universitas ini merupakan salah satu dari jaringan universitas Muhammadiyah. 

Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr, Syarifudin Prawiranegara. Universitas ini focus pada prodi Perbankan Syariah. 

Universitas Ibn Khaldun, Bogor. Universitas ini merupakan perguruan tinggi  yang berdiri semenjak 1961. Universitas ini memiliki 22 program studi, 6 fakultas dan 1 pasca sarjana. 

Universitas YARSI. Universitas ini terletak di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Berdiri pada tahun 1967. Universitas ini memiliki 6 fakultas dan 1 pasca sarjana. 

Institut Ilmu Al-Quran (IIQ), Jakarta. Universitas ini terletak di Tangerang Selatan dan lokasi yang berdekatan dengan UIN Syarif Hidayatullah. Universitas ini menggabungkan sistem pendidikan tingkat tinggi dengan model pesantren. 

Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani.  Sekolah Tinggi Islam Binamadani memiliki 4 program studi Sarjana . Universitas ini berdiri  pada tahun 1999. 

Institut Agama Islam Al-Ghuraba, Rawamangun, Jakarta Timur. Kampus ini berdiri semenjak tahun 2010 dan memiliki 3 jurusan. 

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Iman, Parung, Bogor. Universitas ini berdiri semenjak tahun 2008 dan memiliki 3 jurusan. 

Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu (STAIT) Modern Sahid, Bogor. Kampus ini merupakan kampus yang berada di bawah Yayasan Wakaf Sahid Khusnus Khatimah menyelenggarakan pendidikan dengan sistem Pondok Pesantren Modern Sahid. 

Mengapa Universitas Islam? 

Bagi beberapa orang,  masuk ke universitas Islam dengan beberapa alasan, salah satunya adalah bisa mempelajari agama islam lebih mendalam. 

  1. Lingkungan kampus yang lebih agamis.  Tentu saja, sebagai universitas islam, desain lingkungan kampus dibuat lebih islami dan religious. 
  2. Dapat mendalami agama islam lebih dalam.  Dengan basis islam, maka kampus ini memberikan banyak ilmu agama dalam kurikulum mereka. Beberapa bahkan menjadi mata kuliah yang wahib untuk diikuti dan harus lulus. 
  3. Ilmu yang terintegrasi. Ilmu yang diajarkan di kampus berbasis islam sangat bermanfaat dan terintegrasi antara agama dengan ilmu umum. 
  4. Membentuk akhlak yang islami. Universitas berbasis islam tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan alumni yang berwawasan namun juga berakhlak islami dan mulia yang menjunjung tinggi agamanya. 
  5. Bisa mondok. Universitas berbasis islami umumnya menawarkan asrama yang seperti pondok pesantren.  Dengan begitu, mahasiswa dapat belajar kurikulum universitas di pagi hari, dan malam hari menjalani kegiatan mengaji seperti santri. 

Memilih Kampus Islam Terbaik 

  1. Negeri atau Swasta. Sebagaimana kampus pada umumnya, kampus berbasis islam juga ada yang swasta dan negeri. Jika tidak bisa masuk ke Universitas negeri, jangan khawatir. Ada banyak kampus islam swasta yang berkualitas. 
  2. Mempertimbangkan kondisi kampus dan lingkungan. 
  3. Pilih jurusan yang tepat. Umumnya, sebuah kampus berbasis islam akan menitikberatkan jurusan yang mereka tawarkan di kampus pada ilmu agama. Namun anda bisa menemukan beberapa kampus berbasis islam yang menawarkan jurusan dan program umum seperti fakultas ekonomi, hukum, dan lainnya.  Pilih jurusan yang sesuai dengan minat serta bakat yang anda miliki. 
  4. Mempertimbangkan prospek kerja. Saat memilih jurusan yang disukai, lihat juga apakah lulusan jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang bagus. Prospek kerja yang luas akan memberikan keuntungan akan kemudahan mendapatkan pekerjaan di masa depan. 
  5. Perhatikan syarat masuk.  Untuk syarat masuk di kampus berbasis islam, biasanya akan  ada syarat tambahan seperti pengetahuan ilmu agama dan tes membaca Al-Quran. Pastikan anda belajar dengan baik agar bisa lolos. 
  6. Lihat UKM yang tersedia. Kegiatan UKM yang ada di kampus juga patut anda pertimbangkan, terutama jika anda aktif dalam suatu kegiatan ekstra sebelumnya, seperti kegiatan pecinta alam atau lainnya. 
  7. Lihat budaya di kampus. Lihat kampus yang benar-benar menerapkan budaya keislaman di lingkungan kampusnya. Dengan lingkungan yang islami, mahasiswa akan terbiasa dengan kehidupan yang berakhlak islam. 
  8. Fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas serta sarana dan prasarana yang ada di kampus juga perlu dipertimbangkan. Kampus yang sejuk, memiliki masjid serta fasilitas internet atau komputer untuk mahasiswa pastinya akan sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar. 
  9. Cek background pengajar. Pengajar yang berkualitas serta kompeten sangat penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Pengajar juga harus memiliki akhlak yang baik,. 
  10. Lihat  profil alumni yang sudah lulus. Biasanya anda bisa melihat alumni yang sudah lulus dari website kampus. Kampus yang berkualitas biasanya mendapat prestasi dan rate yang bagus untuk lulusan yang sudah bekerja. 

Bagaimana? Apakah anda sudah mulai berpikir untuk memilih universitas islam mana yang ingin anda masuki dari daftar universitas islam di Jabodetabek di atas?

Tak hanya anda bisa belajar ilmu umum namun bisa mendalami agama islam dengan lebih mendalam.