Bagaimana Cara Membaca Al-Qur’an Dengan Tajwid

Belajar membaca Al-Qur’an merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat islam. Al-Qur’an merupakan kitab suci sekaligus pedoman hidup umat islam yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Membaca Al-Qur’an dapat Anda lakukan dengan sendiri atau dengan orang yang sudah ahli seperti guru ngaji. 

Mengapa harus membaca Al-Qur’an? Selain alasan di atas tadi, membaca Al-Qur’an memiliki keutamaan yang besar serta manfaat yang banyak. Namun, dalam belajar Al-Qur’an Anda harus mengetahui hal-hal yang harus dipelajari dari awal, seperti mengenai huruf hijaiyah, mempelajari tanda baca atau harakat hingga cara membaca Al-Qur’an dengan tajwid. Dengan begitu, Anda dapat belajar dengan lebih mudah dan cepat untuk bisa. Jangan lupa untuk iringi juga usaha Anda dengan niat yang bulat serta doa yang sungguh-sungguh. 

Berbicara mengenai membaca Al-Qur’an, belajar hukum tajwid yang benar itu sangat diperlukan agar Anda bisa membaca dengan sempurna nantinya. Namun, sebelum membahas mengenai itu, ketahui lebih dahulu mengenai keutamaan membaca Al-Qur’an agar Anda dapat lebih bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya nanti. Berikut adalah pembahasannya. 

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

  1. Mendapat Pahala Meski Tidak Lancar

Tidak harus lancar lebih dulu untuk mendapatkan pahala saat membaca Al-Qur’an. Meskipun Anda membaca Al-Qur’an masih terbata-bata, Anda akan tetap mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. 

  1. Mendatangkan Syafa’at Pada Hari Kiamat

Seorang muslim yang sering membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Apalagi muslim yang memiliki waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an sehari-hari.

  1. Membuat Hati Lebih Tentram

Membaca Al-Qur’an dapat membuat hati Anda lebih tentram. Bila Anda sedang merasa cemas, sedih, maupun takut, maka perbanyak mengingat Allah. Salah satu caranya dengan membaca Al-Qur’an.

  1. Memperoleh Kemuliaan

Orang yang senantiasa membaca Al-Qur’an akan mendapatkan kemuliaan. Bagi muslim yang tidak hanya membaca Al-Qur’an, namun menghafal dan memahami isi kandungan serta mengamalkannya akan mendapatkan rahmat kelak untuk memakaikan mahkota pada kedua orang tuanya. 

Masih banyak keutamaan dari membaca Al-Qur’an. Nah, Anda jadi lebih bersemangat bukan belajar membaca Al-Qur’an? Nah, dalam belajar Al-Qur’an selain mengenal huruf hijaiyah dan tanda bacanya, Anda juga harus mengetahui cara membaca Al-Qur’an dengan tajwid. Agar Anda bisa memahami sedikit mengenai hal tersebut, berikut ini pembahasannya secara singkat. Mari simak!

Bagaimana Cara Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid?

  1. Idgham dan Huruf Idgham

Idgham Bighunnah adalah dilebur serta denga mendengung. Idgham Bighunnah adalah meleburkan huruf nun mati atau tanwin ke huruf yang sesudahnya dengan disertai dengung, jika bertemu dengan salah satu huruf ن م و ي.

Idgham Bilaghunnah adalah dilebur dengan tanpa mendengung. Idgham Bilaghunnah adalah meleburkan huruf nun mati atau tanwin ke huruf yang sesudahnya tanpa disertai dengan dengung, jika bertemu dengan huruf lam atau ra. 

  1. Izhar dan Huruf Izhar

Izhar mempunyai arti yaitu jelas atau terang. Izhar merupakan bacaan ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf (ا ح خ ع غ ه ), maka dibaca dengan jelas atau terang. 

  1. Ikhfa dan Huruf Ikhfa

Ikhfa mempunyai arti yang menyamarkan atau tidak jelas. Ikhfa adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf, ta'(ت), tha’ (ث), jim (ج), dal (د), dzal (ذ), zai (ز), sin (س), syin (ش), sod (ص), dhod (ض), tho (ط), zho (ظ), fa’ (م), qof (م), dan kaf (ك). 

  1. Iqlab dan Huruf Iqlab

Iqlab mempunyai arti mengganti atau menukar. Iqlab adalah apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba (ب), cara membaca hukum ini adalah dengan menyuarakan atau merubah bunyi نْ menjadi suara mim (مْ), lalu dengan merapatkan kedua bibir dan mendengung.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara membaca Al-Qur’an dengan tajwid secara singkat. Dengan mengetahui hukum bacaan serta hal lainnya tentang membaca Al-Qur’an, Anda diharapkan dapat membaca Al-Qur’an dengan lebih baik dan benar. Terus belajar dalam membaca Al-Qur’an sampai Anda lancar dalam membaca. Jangan lupa untuk belajar mengenai kandungan di dalamnya serta amalkanlah di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *