Keutamaan Belajar Ilmu Tajwid Atau Tata Cara Membaca Alquran

Belajar tata cara membaca alquran atau ilmu tajwid merupakan hal penting. Hal ini disebabkan agar bacaan Al Quran menjadi indah didengar dan arti dari bacaan tersebut tidak kehilangan maknanya.

Mengenal Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid merupakan ilmu yang berkaitan langsung dengan tata cara membaca alquran yang baik dan benar. Terdapat aturan – aturan dalam membaca Al Qur’an yang wajib ditaati agar bacaan tidak kehilangan maknanya. Ilmu tajwid memiliki hukum – hukum tertentu yang memiliki tujuan – tujuan khusus.

Tajwid memiliki arti harfiah memperindah. Bacaan Al Qur’an yang didasari dengan ilmu tajwid memang akan terdengar lebih indah dan yang lebih penting lagi adalah memiliki makna yang benar. Ilmu tajwid secara umum didefinisikan sebagai ilmu pengucapan setiap huruf hijaiyah dari makhrajnya yang baik dan benar. Pengucapan yang baik dan benar ini akan berkaitan langsung dengan hak huruf beserta mustahaqqul huruf yang dibaca.

Hak huruf merupakan sifat hakiki dari huruf yang wajib terpenuhi ketika dibaca. Hasilnya adalah bacaan yang syiddah dan juga janr sehingga setiap kata dan kalimat yang dibaca tidak kehilangan maknanya. Sedangkan mustahaqqul huruf merupakan sifat dari huruf yang timbul karena sifat hakiki yang dimiliki huruf tersebut. Salah satu contoh mustahaqqul huruf adalah huruf yang dibaca dengan cara tebal ataupun tipis.

Hukum Belajar Ilmu Tajwid

Dalam konteks masyarakat beragama Islam; belajar ilmu tajwid dilandasi dengan hukum fardhu kifayah. Artinya dalam sebuah kelompok masyarakat; wajib ada umat muslim yang mempelajarinya. Hal ini penting dalam kehidupan bermasyarakat karena setiap aktivitas keagamaan hampir pasti diselipkan bacaan kitab suci Al Qur’an.

Sedangkan hukum dalam mengamalkan ilmu tajwid adalah fardhu ain. Setiap muslim memiliki kewajiban untuk mengamalkan atau melakukan praktek ilmu tajwid ketika membaca kitab suci Al Qur’an. Seseorang yang belajar ilmu tajwid akan mempelajari kaidah – kaidah serta permasalahan yang berkaitan dengan bacaan Al Qur’an. Tujuan utama dari mengamalkan ilmu tajwid ketika membaca kitab suci Al Qur’an adalah mencegah bacaan lisan dari kesalahan atau kekeliruan yang berdampak pada makna yang juga keliru ketika membaca kalam Allah.

Keutamaan Membaca Al Qur’an Dengan Menggunakan Ilmu Tajwid

Membaca Al Qur’an dengan dilandasi ilmu tajwid memiliki keutamaan tersendiri. Salah satu keutamaan membaca Al Qur’an dengan tajwid telah disebutkan pada Al Qur’an Surat Fathir ayat 29 dan 30. Allah akan memberi dan menambah pahala serta rizki dari apa yang diberikan-Nya. Allah juga akan memaafkan kesalahan dan menambah nikmat bagi siapapun yang membaca Al Qur’an. Keutamaan belajar membaca Al Qur’an dengan ilmu tajwid yang benar juga didasari oleh sabda Rasulullah yang diriwayatkan HR. Al Bukhari; “ Sebaik – baiknya kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mau mengajarkannya.

Mempelajari tata cara membaca alquran yang baik dan benar juga akan menghindarkan seseorang melakukan kesalahan saat membaca Al Qur’an. Ada dua kategori kesalahan yang bisa terjadi pada bacaan Al Qur’an.

  • Kesalahan pertama disebut dengan kesalahan nyata. Kesalahan ini berupa kesalahan pada lafaz atau bacaan yang berakibat pada rusaknya makna. Kesalahan ini bisa terjadi karena salah dalam membaca huruf sehingga makna kata yang diucapkan menjadi keliru atau rusak. Jenis kesalahan ini haram hukumnya; sehingga seseorang yang melakukan kesalahan ini akan berdosa.
  • Kesalahan kedua disebut dengan kesalahan samar. Kesalahan ini terjadi pada lafaz yang merusak bunyi atau ucapan huruf; tetapi tidak berakibat pada rusaknya makna. Kesalahan ini dapat berupa memendekkan bacaan yang seharusnya dibaca panjang. Umumnya hanya ahli tajwid yang bisa mengetahui jenis kesalahan ini. Hukum kesalahan ini adalah makruh meski ada pula yang menganggap haram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *