Ingin Tahu Cara Membaca Al-Qur’an Dengan Lancar dan Benar? Coba Simak 7 Tips Berikut

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup. Al-Qur’an diturunkan ayat demi ayat kepada nabi Muhammad SAW sebagai mukjizatnya.

Membaca Al-Qur’an tidak hanya akan mendapatkan pahala namun juga akan mendapatkan banyak manfaat lainnya, seperti mendapatkan pertolongan Allah SWT pada hari kiamat, diangkat derajatnya dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebagai umat muslim wajib untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan benar. 

Bagi Anda yang masih baru atau pertama kali ingin tahu bagaimana cara untuk membaca Al-Qur’am, jangan ragu untuk belajar. Sekarang adalah saat yang tepat. Tidak ada kata terlambat dalam belajar.

Seberapa pun usia Anda, jika Anda memiliki niat untuk bisa membaca Al-Qur’an, Anda pasti bisa melakukannya.

Nah, lalu bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar bagi Anda yang baru belajar?

Berikut di artikel ini akan dibahas dengan cukup singkat. Mari simak!


Tips Belajar atau Cara Membaca Al-Qur’an dengan Lancar dan Benar Bagi Pemula

  1. Belajar Sendiri

Belajar Al-Qur’an bisa Anda mulai dengan belajar sendiri apabila belum menemukan guru mengaji yang tepat. Anda bisa belajar melalui sumber-sumber terpercaya seperti video mengaji dari para ustadz yang diunggah di media sosial seperti Youtube.

Anda pun bisa mendengarkan audio bacaan Al-Qur’an yang benar. Di awal belajar membaca Al-Qur’an Anda bisa mempelajari mengenai mengenal huruf hijaiyah yang dapat dikatakan seperti huruf abjad dalam Bahasa Indonesia dan berjumlah 29.

Lalu mempelajari mengenai harakat atau tanda baca seperti dammah, fatha, sukun, kasrah dan lain sebagainya.

Kemudian Anda pun harus belajar dan menguasai mengenai hukum tajwid dalam Al-Qur’an. Jika Anda sudah menguasai semua yang harus dipelajari di atas, maka Anda harus mempraktekannya supaya bisa menguasai membaca Al-Qur’an secara sempurna.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Membaca Al-Qur’an

Jika Anda memang berniat untuk bisa cara membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar, maka Anda harus meluangkan waktu untuk belajar sesibuk apapun. Karena jika hanya niat saja tanpa usaha, Anda tidak akan mendapatkan hasil apapun.

Namun jika Anda berniat dan berusaha, hasil yang didapatkan tidak akan menghianati apa yang sudah Anda lakukan. Maka dari itu, niatkan dengan sungguh-sungguh bahwa Anda ingin belajar Al-Qur’an hingga lancar. 

  1. Mempraktekan Cara Membaca Secara Konsisten

Untuk bisa cepat menguasai cara membaca Al-Qur’an dan lancar, tentunya Anda harus terus mempraktekannya. Cobalah praktek membaca Al-Qur’an secara berkala, dari waktu ke waktu.

Dengan Anda terus berlatih, Anda juga akan semakin fasih dan lancar membaca Al-Qur’an. Misal jika Anda ingin lebih mudah dalam mengatur jadwalnya, Anda bisa membaca Al-Qur’an setelah selesai sholat Maghrib.

Selain itu, Anda juga bisa menyempatkan belajar baca Al-Qur’an ketika sedang libur bekerja atau sekolah. 

  1. Belajar dengan Guru Ngaji

Anda bisa belajar dengan guru ngaji dalam membaca Al-Qur’an. Belajar dengan orang yang sudah ahli akan mengoreksi bacaan Anda jika ada yang keliru. Mencari guru mengaji memang solusi yang bisa Anda lakukan bila belajar sendiri kurang cukup atau kurang yakin.

Guru ngaji akan membimbing Anda sampai benar menguasai cara membaca Al-Qur’an dengan benar. Anda bisa menambah pula dengan belajar melalui video-video mengaji yang sudah banyak tersebar di dunia maya saat ini. Semakin Anda banyak belajar, semakin cepat Anda akan bisa membaca dan lancar. 

  1. Belajar Sungguh-Sungguh

Anda harus bersungguh-sungguh dalam belajar membaca Al-Qur’an. Hal itu supaya Anda tidak mudah putus asa apabila belum lancar juga membacanya. Namun, selain berusaha dengan belajar secara sungguh-sungguh saja tidak cukup, Anda harus barengi dengan do’a dan niat. 

  1. Membaca Al-Qur’an dengan Tartil 

Membaca Al-Qur’an memang harus jelas pada setiap hurufnya. Hal itu disebut juga dengan tartil. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan benar yaitu dengan kecepatan yang stabil.

Sebaiknya jika Anda membaca Al-Qur’an, Anda tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat. 

  1. Mempelajari dan Mengetahui Mengenai Kandungan dalam Al-Qur’an

Ada baiknya jika Anda mempelajari Al-Qur’an, Anda juga mempelajari dan mengetahui mengenai maksud dari bacaan atau kandungan di dalam Al-Qur’an.

Dengan begitu Anda akan lebih bersungguh-sungguh lagi dalam belajar Al-Qur’an, apalagi jika dibarengi dengan niat dan doa. 

Itulah beberapa tips belajar atau cara membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar untuk Anda sedang memulai. Jangan pernah menyerah dalam belajar Al-Qur’an hingga bisa karena ada banyak keutamaan dari membaca kitab suci tersebut dengan rajin dan konsisten.

Belajarlah dengan cara yang menurut Anda mudah dipahami dan menyenangkan, serta niatkan belajar Al-Qur’an karena Allah.

Selain itu, jangan malu belajar baca Al-Qur’an meski usia Anda sudah cukup matang, karena menuntut ilmu itu sampai kapanpun. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *