9 Tips Mudah Cara Belajar Alquran Untuk Pemula

cara belajar membaca al quran

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam. Membaca Al-Qur’an memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Maka dari itu, belajar membaca Al-Qur’an sangatlah penting, apalagi jika Anda belum bisa.

Ada banyak cara belajar membaca Al-Qur’an sendiri di rumah yang bisa Anda terapkan. Akan tetapi, Anda harus mengetahui dari dasar lebih dulu. Misalnya saja Anda harus memulai dari mengenal huruf hijaiyah, kemudian terus meningkat ke-ilmu atau materi yang lain yang lebih tinggi.

Cara belajar Al-Qur’an dengan cepat memanglah harus Anda praktikan agar kemajuan dan hasilnya terlihat. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba belajar Al-Qur’an sendiri di rumah, berikut akan dibahas cukup singkat mengenai cara tersebut. Mari simak!

Tips atau Cara Belajar Al-Qur’an Sendiri dengan Cepat

1. Mengenal Huruf Hijaiyah

Langkah pertama dalam belajar Al-Qur’an sendiri bagi pemula adalah mengenal huruf hijaiyah atau huruf ejaan Bahasa arab yang merupakan Bahasa asli Al-Qur’an. Bila dalam Bahasa Indonesia, huruf hijaiyah ini seperti huruf abjad.

Nah, bagi Anda yang ingin bisa membaca Al-Qur’an tentu Anda harus mengenal mengenai huruf hijaiyah ini lebih dulu. Selain itu, Anda juga harus tahu mengenai bagaimana ejaannya yang benar.

Huruf hijaiyah yang harus Anda hafalkan berjumlah 29, ejaannya ada yang sama seperti huruf latin, namun ada juga yang berbeda, misal dzal, kha dan lain sebagainya.

Tidak hanya mengenai satu per satu huruf hijaiyah, Anda pun harus mengetahui tentang bagaimana cara baca huruf-huruf tersebut apabila disambungkan. Lalu dalam belajar mengenai pengucapannya, Anda harus mengetahui mengenai makhraj-nya atau tempat huruf keluar. 

2. Memahami Mengenai Tanda Baca

Langkah yang selanjutnya dalam belajar Al-Qur’an sendiri adalah Anda harus mengenal mengenai tanda baca atau harakat. Tanda baca atau harakat mempunyai fungsi untuk menentukan pengucapan huruf hijaiyah di Al-Qur’an.

Misalnya saja jika di Bahasa Indonesia ada huruf vokal atau A I U E O. Sedangkan di Al-Qur’an seperti Kasrah, Fathah, Dammah, Sukun, dan Tasydid yang harus Anda pelajari dan pahami.

Untuk memahami lebih jelas, Anda bisa membaca buku-buku yang berkaitan, atau melihat video pembelajaran Al-Qur’an dari dasar, atau mungkin dapat bertanya pada guru mengaji yang ada di sekitar rumah. 

3. Mempelajari & Memahami Tajwid

Langkah yang ketiga adalah memahami tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui tentang membunyikan huruf dengan baik dan benar. Misalnya apakah huruf dibaca dengan jelas, samar-samar ataupun mendengung.

Jika dalam Bahasa Inggris, ilmu tajwid ini disebut sebagai grammar-nya. Nah, grammar dalam Bahasa Arab itu seperti bacaan Idhgam, bacaan idzhar dan lain sebagainya. Sangat penting belajar dan memahami tentang tajwid ini supaya nantinya tidak salah dalam membaca Al-Qur’an. 

4. Coba Mulai Praktek dengan Membaca Surat Pendek

Cara belajar membaca Al-Qur’an bagi pemula yang selanjutnya adalah memulai praktek dengan membaca surat-surat lebih dahulu. Anda bisa membaca surat-surat pendek di awal pembelajaran Al-Qur’an, kemudian jika sudah mulai lancar, Anda bisa mencoba untuk membaca surat-surat yang panjang.

Namun, ingat untuk selalu memperhatikan panjang dan pendek bacaan yang dibaca agar artinya tidak berubah. 

5. Belajar dari Sumber yang Dapat Dipercaya

Anda bisa belajar Al-Qur’an pada sumber yang terpercaya. Misalnya Anda bisa belajar dengan orang-orang yang sudah pandai mengaji atau Anda bisa belajar dari video dan lain sebagainya apabila kesulitan menemukan guru mengaji.

Saat ini belajar sendiri Al-Qur’an memang memungkinkan karena semakin majunya teknologi seperti adanya Youtube, membuat orang-orang yang ingin mengajarkan mengaji pada banyak orang meng-upload video belajar mengaji dengan mudah dari awal hingga bisa.

Jadi, Anda tinggal mencari saja mana video yang mudah untuk dipahami. Namun, memang bila belajar Al-Qur’an secara ototidak, jika bacaan Anda salah tidak ada yang mengoreksinya. 

6. Buat Jadwal

Dalam belajar membaca Al-Qur’an tidak ada kata terlambat. Meskipun Anda berusia di atas lima puluh tahun, namun Anda ingin bisa membaca Al-Qur’an maka belajarlah.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam belajar, Anda bisa membuat jadwal belajar yang disesuaikan dengan kegiatan lainnya.

Namun, untuk lebih mudahnya Anda bisa belajar Al-Qur’an setelah melaksanakan sholat. Misalnya seperti setiap habis sholat Maghrib atau sehabis sholat Subuh setiap harinya.

Dengan Anda rutin dan rajin belajar serta berlatih, maka kemungkinan untuk Anda cepat bisa belajar Al-Qur’an semakin besar. 

7. Panggil Guru Ngaji

guru ngaji privat jakarta timur

Sebenarnya belajar Al-Qur’an dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik sendiri maupun dengan guru. Misal Anda bisa mengundang guru ngaji ke rumah untuk mengajar secara privat.

Ada banyak sekali layanan jasa guru ngaji privat baik itu secara offline atau online. Pilihlah lembaya yang memiliki reputasi yang baik serta amanah dan terpercaya. Salah satunya adalah Cendekiaprivat.com 

8. Memakai AlQuran Khusus Pemula

cara mudah belajar baca alquran

Saat ini sudah tersedia di pasaran al-quran yang didesain khusus untuk pemula dan orang awam. Dengan adanya alquran ini Anda dapat belajar membaca alquran dengan lancar dan benar bahkan untuk orang yang tidak bisa baca iqro atau bahasa arab sekalipun.

9. Belajar Dengan Tekun dan Sungguh-Sungguh

Semua ilmu diatas bisa anda pelajari dengan mudah apabila anda belajar sungguh-sungguh tanpa mengenal putus asa. Karena cara mudah belajar baca Alquran perlu ketelitian dan keseriusan dalam membaca. Disisi lain, belajar alquran akan mendapatkan pahala berlipat dari Allah SWT karena termasuk ibadah.

Nah, itulah beberapa tips atau cara belajar baca Al-Qur’an otodidak yang bisa Anda terapkan di rumah supaya cepat bisa.

Bagaimana? Cukup mudah bukan belajar membaca Al-Qur’an?

Jadi, tunggu apalagi?

Mari belajar membaca Al-Qur’an dari sekarang!


1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *