Agar Anak Suka Belajar Mengaji Maka Anda Bisa Melakukan Cara Ini

Agar Anak Suka Belajar Mengaji Maka Anda Bisa Melakukan Cara Ini

Agar suasana belajar mengaji anak menyenangkan tentunya susah-susah gampang, sebab tidak semua anak tertarik untuk belajar mengaji. Padahal mengaji merupakan hal yang sangat penting sebab menjadi bekal untuk akhirat kelak, oleh sebab itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak menyukai mengaji.

 

1. Waktu mengaji

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencari waktu yang cocok untuk mengajarkan anak mengaji, untuk memilihnya juga tidak dapat asal saja. Sebab janganlah memilih waktu saat anak bermain maupun beristirahat, oleh sebab itu sebagai orang tua maka Anda jangan memaksakan kehendak pada anak secara berlebihan. Karena jika Anda memilih waktu yang tepat maka akan memberikan masalah ke depannya, dimana anak akan menjadi malas mengaji. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda baik jika Anda mengatur jadwal anak, jadi akan lebih teratur sehingga anak bisa tetap belajar dan bermain setiap harinya. Hal ini tentunya akan membuat anak tertarik belajar karena waktu bermainnya tercukupi.   

 

2. Menjelaskan kenapa harus mengaji

Agar anak tidak malas mengaji maka Anda harus menjelaskan mengapa anak wajib belajar mengaji dengan jelas dan padat, serta jangan lupa untuk menjelaskan kepada anak bahwa ia harus meluangkan waktu sebentar untuk melakukan ibadah lainnya. Hal ini tentunya termasuk dalam cara mengajarkan anak beribadah sedini mungkin, selain itu jangan lupa untuk melakukan komunikasi dan melakukan bertukar pendapat. Hal ini tentunya akan membuat Anda mengetahui apa yang anak inginkan begitu juga dengan anak Anda yang mengetahui apa yang Anda inginkan. Apabila pemikiran anak tidak sesuai maka ada baiknya jika Anda menjelaskan sehingga anak akan mengerti.

 

3. Disiplin dan konsisten

Ketika mengajarkan anak mengaji maka harus dilakukan secara disiplin dan konsisten sehingga anak akan terbiasa untuk mengaji, namun sering kali anak tidak mood untuk belajar mengaji. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda memberikan rangsangan atau mengajarkan ngaji dengan cara yang unik. Oleh sebab itu Anda harus inovatif dan kreatif dalam mengelola mood anak sehingga proses belajar mengaji menjadi sangat unik sehingga anak akan tertarik untuk belajar.

Dan apa yang diajarkan juga terserap di dalam memorinya, sehingga anak tidak akan bosan ketika belajar mengaji. Sebab banyak anak yang malas mengaji karena cara mengajarnya yang membosankan maka tidak heran jika anak menjadi rewel ketika mengaji.

 

4. Sabar dalam mengajar anak

Tentunya mengajar anak belajar ngaji tidaklah mudah apalagi jika anak tersebut masih buta mengenai huruf Alquran, oleh sebab itu Anda harus sabar dalam mengajarnya. Sebab anak butuh waktu untuk mengenal dan menghafal huruf tersebut, sehingga nantinya ia akan menjadi lancar ketika membaca Alquran. Oleh sebab itu janganlah memarahi anak ketika ia tidak dapat mengaji, ada baiknya jika Anda menerangkan hingga ia hafal dan mengerti. Dengan memarahinya hanya akan membuat anak takut dan malas belajar ngaji, apabila anak susah untuk menyerap apa yang dijelaskan maka jelaskan dengan cara yang menarik.

Sebab anak-anak sangat mudah bosan jika diajari dengan satu metode saja, ada baiknya jika Anda memanfaatkan media tertentu seperti video maupun gambar. Apalagi hal ini sangat mudah dilakukan pada saat ini di zaman yang serba teknologi, dengan cara ini maka anak akan senang dan gemar untuk belajar ngaji anak.

Leave a Reply