Tips Mudah Belajar Membaca Huruf Hijaiyah Agar Lebih Cepat Lancar

belajar membaca huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah merupakan huruf abjadnya Bahasa Arab sehingga untuk bisa lancar membaca AlQuran tentunya Anda harus hapal dengan bentuk dan cara pelafalan huruf  hijaiyah beserta dengan variasi bentuknya. Belajar membaca huruf hijaiyah bukanlah sesuatu yang sulit karena bentuk-bentuknya sederhana dan mudah untuk dikenali. Asalkan dilatih secara rutin dan rajin membaca kitab AlQuran maupun kitab lainnya yang menggunakan tulisan Arab, Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama agar lancar membaca rangkaian huruf hijaiyah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa lancar belajar membaca huruf hijaiyah, Anda bisa belajar dengan orang lain untuk mengajari dan membimbing Anda, atau belajar sendiri alias otodidak menggunakan media belajar yang saat ini sudah semakin banyak macamnya. Berikut adalah beberapa saran untuk cara belajar yang bisa lebih cepat, dan hasilnya permanen di otak Anda.

Mengenal macam huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah merupakan kumpulan huruf yang terdiri atas 29 buah yang dalam penggunaannya diberi tanda baca yang disebut dengan harakat. Huruf hijaiyah yang ditempel dengan harakat akan menentukan bunyi hurufnya, jika dibandingkan dengan huruf latin maka harakat ini setara dengan fungsi huruf vokal yaitu a, i, u, e, dan o. Sedangkan pada huruf hijaiyah, harakat terdiri dari:

  1. Fathah (dibaca dengan vokal a)
  2. Kasrah (vokal i)
  3. Dhommah (vokal u)
  4. Fathatain (vokal an)
  5. Kasratain (vokal in)
  6. Dhommatain (vokal un)
  7. Sukun (dibaca mati).

 

Tidak perlu langsung membaca kitab

Ketika Anda sudah menguasai cara membaca huruf hijaiyah yang benar, Anda mungkin bersemangat untuk langsung membaca AlQuran. Namun yang dirasakan adalah makin bingung karena huruf-huruf yang ada pada ayat AlQuran terlihat berbeda dengan huruf hijaiyah yang Anda pelajari. Huruf hijaiyah yang membentuk kata atau kalimat memang biasanya mengalami perubahan bentuk karena harus disambung dengan huruf yang lain.

Baca Juga : Guru Ngaji Privat di Jakarta Selatan

Oleh karena itu, dalam belajar membaca huruf hijaiyah Anda tidak perlu terburu-buru. Anda bisa menggunakan buku Iqra’ yang terdiri dari 6 jilid di mana Anda akan belajar secara perlahan mulai dari menghafal huruf hijaiyah serta tanda bacanya hingga dikenalkan dengan bentuknya yang sudah tersambung dengan huruf lain.

Pilih media belajar dengan tulisan yang jelas

Memilih AlQuran atau buku belajar AlQuran lainnya adalah salah satu faktor yang bisa membantu Anda untuk menguasai huruf hijaiyah dengan lebih cepat. Pilih buku yang halamannya diisi dengan huruf hijaiyah yang besar dan jelas. Karena buku yang tulisannya terlalu rapat dan kecil akan menyulitkan Anda yang belum terlalu lancar membaca rangkaian huruf pada ayat AlQuran.

Lihat Juga : Cari Guru Ngaji Privat Berkualitas! Disini Tempatnya

Tulisan yang lebih besar akan memudahkan Anda untuk mengenali bentuk huruf hijaiyah, di mana tanda baca diletakkan, sedangkan huruf-huruf yang terlalu rapat tanda bacanya biasanya terlihat saling bertumpuk dan sulit untuk dikenali. AlQuran dengan huruf yang lebih besar memang lebih berat dan sulit untuk dibawa ke mana-mana namun belajar membaca huruf hijaiyah menggunakan kitab yang lebih besar lebih nyaman untuk mata Anda.

Tidak perlu terburu-buru

Banyak orang yang baru belajar membaca huruf hijaiyah ingin segera menguasainya dan bisa membaca rangkaian huruf hijaiyah dengan cepat seperti yang dilakukan orang-orang ketika mengaji. Jangan jadikan bisa membaca cepat adalah tujuan akhir Anda, karena yang membaca cepat pun belum tentu benar cara membacanya.

Bacalah setiap huruf dengan perlahan namun pasti, perhatikan tanda bacanya, perhatikan panjang pendeknya, perhatikan apakah ia harus dibaca dengan mendengung, samar, dan berbagai macam aturan membaca AlQuran lainnya.

Leave a Reply